Jumat, 22 Januari 2016

KEBANGGAAN KU

 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Yaa, pasti sebagian besar  yang mendengarnya akan berkata “ hebat” ketika tahu kamu kuliah disana dan bahkan kerabat kamu juga akan merasa bangga . Namun lain halnya dengan saya, saya adalah Mahasiswi UPI  Kamda Serang Jurusan PGSD angkatan 2015 . Tentunya banyak telinga yang begitu  asing mendengar Univeritas di daerah serang ini selain UNTIRTA dan IAIN . Namun  ada saja orang-orang yang berkomentar mengenai UPI Kampus serang yang terbelakang karena berada di Kota Serang dan letaknya tak begitu  strategis di sana .

          Awalnya saya juga begitu asing mendengar UPI kampus Serang ketika  Guru Ekonomi saya di kelas X SMA Negeri 9 Tangerang yang bernama  Bpk. Supriyatna . Beliau mencoba membantu saya dalam mengatasi sebuah kegalauan dalam memilih Universitas yang bagus dalam dunia pendidikan.  Beliau memang merekomendasikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) , tapi langsung saja saya katakan tidak bisa memilih itu. Karena keluarga saya melarang untuk berada jauh dari nya, dan hal itulah sebabnya saya berniat untuk memilih UNJ , UIN dan UNTIRTA sebelum mendaftarkan diri menjadi peserta SBMPTN 2015 . Namun, Guru saya juga berkata “ Memang UNJ dan UIN Jakarta juga bagus dalam pendidikan, hanya saja di UPI itu menurut Bapak Universitas Terbaik dalam dunia pendidikan.” Lanjutnya “ Tapi kamu jangan khawatir di serang juga ada kok, dekatlah kalau mau bolak-balik hanya 1 jam an bisa sampai ,  tapi disana hanya ada PGSD dan PGPAUD saja “ . Beliau juga menyampaikan bahwa peluang mengajar pada tingkat SD lebih banyak di bandingkan mengajar di SMA/SMP dengan mengajar satu bidang.  Di lihat dari banyaknya sekolah, tentu SD lah yang lebih banyak tersebar di setiap wilayah sehingga memungkinkan peluang mengajar lebih banyak . Sejak itu saya mulai tertarik , dan segera mencari insformasi tentang keberadaan UPI kampus Serang  dan membandingkan passing grade dengan jurusan pada kampus yang saya minati sebelumnya. Setelah melihat-lihat dan mengecek tips masuk Perguruan Tinggi Negeri , saya memasukkan UPI Kampus Serang sebagai pilihan utama karena saya punya banyak kemungkinan akan di terima disana.

Pada 9 juli 2015 pkl. 17:00 WIB  di www.sbmptn.ac.id   telah dibuka pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  dengan koneksi jaringan yang cukup buruk atau lebih mungkin karena ribuan siswa sedang mengakses web tersebut untuk melihat hasilnya . Namun, Saya terus mencoba membuka website SBMPTN 2015 dengan rasa penasaran , tetapi jaringan tetap tidak mendukung. Hingga pada akhirnya saya menahan rasa penasaran dengan menunggu providernya tidak sibuk lagi. Begitu banyak teman yang menanyakan bagaimana hasil pengumuman SBMPTN yang saya terima , dan banyak pula yang saya lihat mereka sedih karena tidak lulus dari seleksi ini. Namun tidak sedikit pula mereka yang berbahagia karena lulus ,  hingga  akhirnya memunculkan harapan saya untuk bisa lulus .
Yaa.. dan pada akhirnya saya membuka kembali website tersebut tengah malam. Sebelum memberanikan diri untuk membuka hasilnya , saya tidak lupa berdo’a dengan penuh harap dan dengann hati yang lapang.



“ Taraaahhhhhhhhhhhhhhh…….”
“ Alhamdulillah , Terima kasih Ya Allah Engkau telah memberikan peluang  berharga yang sudah saya harapkan sejak lama .” Ujar saya yang begitu bahagia keterima di Perguruan Tinggi Negeri. Ini tentu membuat saya bangga , namun rasa itu lantas hilang ketika berbagai pandangan orang tentang kampus kian menjatuhkan keunggulannya. Walau demikian, saya tidak ingin menyesal  atas keputusan yang sudah di yakini sebelumnya dan sepatutnya saya bersyukur atas ini. Bayangkan , saya sudah mengalahkan dan menggugurkan harapan mereka yang sejak lama di impikan . karena itu pula rasa keseriusan saya menguat dan semakin bersyukur atas apa yang saya dapatkan.
Selanjutnnya , saya segera melaksanakan prosedur yang telah di informasikan oleh Universitas  Pendidikan Indonesia melalui websitenya www.upi.edu bagi calon Mahasiswa Baru yang di terima melalui jalur SBMPTN .

Setelah melaksanakan ospek selama 4 hari yang begitu  mengesankan dan memotivasi. Tibalah saat nya , hari pertama di mana perkuliahan dimulai  pada tanggal 1 september 2015. Menyenangkan, itulah rasa pertama saat itu karena dimana saya benar-benar lepas dari seragam sekolah . Dan tak menyangka akhirnya saya menjadi seorang Mahasiswi dengan almamater UPI .


Iya saya adalah Mahasiswi semester 1 jurusan PGSD dengan almamater UPI . Ternyata ada yang perlu kalian tahu , meski saya berkuliah di UPI kamda serang semua sistem perkuliahan yang berlaku disini sama dengan yang berada di Bumi Siliwangi, Bandung. Dan bahkan pada Ijazah S1 nanti, tidak ada yang namanya kamda serang. Ijazah kami akan bertuliskan lulusan dari Universitas pendidikan Indonesia (UPI). Selain itu dari Direktur UPI kampus serang pun memiliki program-program yang bakal menunjang kami, sebagai calon pengajar yang berkualitas dan memiliki kemampuan baik secara  akademik maupun non akademik .Selajutnya bagi teman-teman yang penasaran dengan kampus ini bisa lihat di www.kd-serang.upi.edu . Atau bagi  kalian yang ingin melihat bagaimana eksisnya Mahasiswa/i UPI Kampus Serang bisa follow Instagramnya @upikite .

PENA MYRA . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates